Breaking News
Join This Site
Cara Install dan Mengaktifkan Effek Compiz di Linux Mint

Cara Install dan Mengaktifkan Effek Compiz di Linux Mint


1. Install compizconfig-settings-manager dan compiz-fusion-plugins-extra

Untuk menginstall silahkan Anda buka aplikasi seperti MintInstall atau Synaptic. Dan cari paket compizconfig-settings-manager dan compiz-fusion-plugins-extra. Atau untuk yang sudah maniac dengan command line silahkan install dengan perintah :

sudo apt-get install compizconfig-settings-manager compiz-fusion-plugins-extra

2. Menjalankan compiz

Sampai tahap ini sebenarnya kita sudah bisa menjalankan compiz dengan mengetikan perintah compiz --replace di terminal. Akan tetapi ini hanya akan terjadi saat itu saja ( compiz tidak akan otomatis jalan setelah kita logout). Selain itu, kinerja komputer akan menurun karena dengan perintah tersebut berarti akan ada 2 windows manajer yang berjalan.
Agar compiz bisa berjalan otomatis pada saat kita login, pada terminal kita ketik perintah mateconf-editor. Lalu pada jendela mateconf editor cari /desktop/mate/session/required_components/windowmanager. Dan ganti value/Nilai dari macro menjadi compiz.



Sampai tahap ini kita bisa logout dan login kembali. Dan kita bisa melihat perubahan effek compiz tersebut. Akan tetapi karena kita belum mengatur window manager, maka jendela yang kita buka tidak akan ada tombol close, minimize windows, atau maximize windows. Jadi.... sebaiknya kita jangan dulu logout. Namun kita atur dulu windows managernya...

3. Konfigurasi Windows Decoration

Jalankan program confiz config setting manager atau ketik dan jalankan perintah ccsm di terminal. Pada tab Efek, beri tanda aktif pada Windows Decoration.

Kemudian pada tab Manajemen Jendela beri tanda aktif pada Move Window agar jendela program dapat kita pindah dengan cara drag menggunakan pointer mouse.


Untuk merubah Window Decoration menjadi default Linux Mint, kita memerlukan aplikasi gconf-editor. Install dengan cara mengetikan perintah berikut di terminal :

sudo apt-get install gconf-editor

Kemudian jalankan gconf-editor dari terminal dengan perintah : gconf-editor.
Kemudian masuk ke menu /apps/metacity/general/theme. Dan rubah nilainya menjadi Mint-X


Untuk membuat windows border menjadi transparan, pada jendela gconf-editor, kita cari navigasi apps/gwd/metacity_theme_active_opacity, dan rubah nilainya menjadi 0,4.

Nah... setelah semua selesai kita bisa logout dan login kembali....
Setelah berhasil, kita juga masih bisa mengatur efek lainnya di ccsm.
Selamat mencoba .. :D

3 comments

avatar

trimakasi......atas postingannya

Balas
avatar

Remarkable! Its genuinely amazing post, I have got much clear idea regarding from this piece of writing.

Balas
avatar

I think that everything published made a bunch of sense. But, what about this? what if you added a little information? I ain't suggesting your information isn't good, however what if you added a headline that grabbed a person's attention? I mean %BLOG_TITLE% is kinda boring. You should glance at Yahoo's front page and see how they create post headlines to get viewers to click. You might add a related video or a picture or two to grab readers excited about what you've written. Just my opinion, it would bring your posts a little livelier.

Balas

Berkomentar dengan baik dan sopan, Komentar SPAM akan di hapus.

Emoticon