Breaking News
Join This Site
Penjelasan Tentang The Onion Router (TOR)

Penjelasan Tentang The Onion Router (TOR)


          Kali Ini saya Fariandi akan membahas tentang The Onion Router yang biasa di sebut TOR. berikut adalah penjelesan nya secara terperinci. yang saya ambil dari SKRIPSI saya.

          Berkat perkembangan teknologi yang begitu pesat memungkinkan manusia dapat berkomunikasi dan saling bertukar informasi atau data secara jarak jauh. Antar kota antar wilayah antar negara bahkan antar benua bukan merupakan suatu kendala lagi dalam melakukan komunikasi dan pertukaran data. Seiring dengan itu tuntutan akan keamanan terhadap kerahasiaan informasi yang saling dipertukarkan tersebut semakin meningkat.departemen pertahanan, suatu perusahaan atau bahkan individu-individu tidak ingin informasi yang disampaikannya diketahui oleh orang lain atau negara lain. Dengan masalah itulah saya terinspirasi untuk menulis artikel Pengenalan TOR ini untuk memberikan solusi bagi anda yang ingin berkomunikasi secara aman. Dengan hadirnya TOR, komunikasi yang dilakukan melalui jaringan komputer akan terjaga kerahasiaannya dengan identitas yang anonim.

           Kita awali dengan Onion routing, yaitu suatu teknik untuk berkomunikasi secara anonim melalui jaringan komputer. Dalam sebuah Onion Network, pesan yang dikemas dalam lapisan enkripsi. Data dienkripsi dan ditransmisikan melalui serangkaian node jaringan disebut onion router. Ketika berada pada lapisan node akhir, pesan akan di-dekripsi untuk menuju ke tempat tujuan. Pengirim akan tetap anonim karena setiap perantara hanya tahu lokasi node sebelum dan sesudahnya. Bawang routing yang dikembangkan pada pertengahan 1990-an di Laboratorium Penelitian Angkatan Laut Amerika Serikat oleh karyawan yang bernama Paul Syverson, Michael Reed, dan David Goldschlag untuk melindungi komunikasi online intelijen US (United States) lalu dikembangkan lebih lanjut oleh Lanjutan Pertahanan Research Projects Agency (DARPA) dan dipatenkan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat pada tahun 1998. Ilmuwan komputer Roger Dingledine dan Nick Mathewson bergabung dengan Paul Syverson pada tahun 2002 untuk mengembangkan apa yang akan menjadi hal yang terbesar dan paling terkenal sebagai implementasi Onion Routing, yaitu TOR (The Onion Router), kemudian disebut Proyek Onion Routing atau proyek TOR. Setelah Naval Research Laboratory merilis kode untuk TOR dibawah lisensi gratis, kemudian Roger Dingledine, Nick Mathewson dan lima orang lainnya mendirikan The Tor Project.


a.    Pengertian The Onion Router

        TOR (The Onion Router) adalah jaringan virtual tunnel yang memungkinkan data yang dikirimkan pengguna melalui node-node atau komputer-komputer yang sudah ditentukan oleh server directory node TOR dalam keadaan ter-enkripsi sehingga sulit untuk dilacak darimana sumbernya. Walaupun data berhasil dibajak oleh pihak ketiga, data tersebut juga aman karena data dalam keadaan ter-enkripsi dan hanya node-node dari TOR yang bisa men-deskripsi data tersebut. Jaringan TOR melibatkan tiga node atau komputer bahkan bisa lebih sebagai rute atau relayer, node yang bertugas sebagai relayer hanya tau identitas node pengirim dan node penerima data, node relayer tidak pernah tau siapa pengirim asli data tersebut dan setelah data tersebut berhasil dikirim, setiap relayer akan menghapus jejak yang ada secara otomatis sehingga pengirim yang asli data tersebut menjadi sangat sulit dilacak. Konsepnya seperti mengupas bawang dan inti bawang sebagai sebuah data penting.

b.    Cara Kerja The Onion Router
         Sebagaimana namanya "The Onion Router" yang berarti "Rute Bawang", selayaknya bawang yang memiliki kulit yang berlapis-lapis, begitu juga perinsip kerja TOR, kita ibaratkan bawangnya memiliki kulit 3 lapis dan intinya adalah data yang akan dikirim, misalnya dari aplikasi TOR Browser kita menulis sebuah data dan data tersebut tidak dikirim begitu saja, melainkan akan dilapisi dengan 3 kulit enkripsi, berarti data anda sebagai inti yang berada ditengah-tengah, kemudian data tersebut akan anda kirim ke tujuan anda yang jauh ataupun dekat dengan anda, lalu ibaratkan ada 3 orang pengantar surat sebagai perantara dan mereka berada di post yang berbeda, setelah anda memberikan pesan yang sudah dilapisi dengan kulit 3 lapis enkripsi tadi ke pengantar surat ke-1, lalu pengantar surat ke-1 akan mengupas sebuah kulit enkripsi dan memberikan surat itu ke pengantar surat ke-2, begitu juga dengan pengantar surat ke-2 akan mengupas sebuah kulit lagi dan memberikannya ke pengantar surat ke-3, pengantar surat ke-3 juga akan mengupas sebuah kulit lagi dan memberikan isi data yang sebenarnya kepada tujuan anda. Semua kulit yang sudah dikupas oleh pengantar surat tadi akan dihilangkan alias dihapus, hanya pengantar surat yang mampu mengupas kulit tersebut. Dengan begitu, jika ada orang yang mengambil data tersebut dalam keadaan dilapisi sebuah kulit enkripsi, orang itu tidak akan mampu untuk membuka lapisan kulit enkripsi tersebut walaupun melakukannya dengan berbagai cara. Jadi data tersebut terjamin kerahasiaannya walaupun sudah dibajak oleh orang lain. Begitulah jika di ibaratkan cara kerja TOR ini, tapi kelemahannya ialah jika ada seseorang yang membajak data tersebut dalam keadaan tidak terlapisi kulit enkripsi, maka data tersebut akan diketahui, pihak yang mengetahuinya bisa mengambil keuntungan dari data tersebut, data yang tidak terlapisi kulit enkripsi berada pada pengantar surat ke-3 yang dalam perjalanan untuk memberikan kepada tujuan anda.

             The Onion Router bisa di akses di PC dengan aplikasi Browser TOR, dan di smartphone Android bisa mengunakan TOR juga.

 

Berkomentar dengan baik dan sopan, Komentar SPAM akan di hapus.

Emoticon